Skip to main content

Translate

Custom Search

Life is beautiful

Ayo Try Resep Ayam Betutu Ala Bali from Island of Love


Masih stay at home dan belum bosan WFH atau working from home kan? Nah, supaya nggak bosan alias bete gara-gara jempol pegel main game candy crush atau membaca lelucon dan video yang dikirim group WhatsUp kita, bahkan begitu hebohnya kembali ke facebook, nah kita bisa isi waktu dengan mencoba resep Ayam Betutu.

 Mungkin ada yang sudah pernah menikmati masakan khas Bali yang lekker ini ketika Holidayin Bali Bersama keluarga, teman arisan atau pas lagi honeymoon eh nyasar ke Gilimanuk atau di Denpasar, dan ketemu warung yang menyajikan Ayam Betutu ini.
 
Julia Roberts, Bali, Eat Pray Love, Ayam Betutu, Bebek Betutu, Resep Ayam Betutu, stay at home, working from home, WFH, Kuliner Bali, Wisata Kuliner, Pulau Bali
Ayam Betutu kreasi baru (cookpad.com)
Sebelum memulai, penting juga diketahui, bahwa ada beberapa variasi untuk memasak kuliner yang berasal dari Pulau Dewata ini. Pada umumnya Ayam Betutu dimasak secara utuh dan dikukus dengan daun pisang. Selain ayam, ibu-ibu di Bali juga memasak Betutu dengan bebek, namun waktu yang dibutuhkan lebih lama daripada menggunakan ayam kampung. Patut dicatat, Bebek Betutu memiliki cita rasa unik daripada ayam. Lain kali anda boleh coba, dan rasakan bedanya.
 
Julia Roberts, Bali, Eat Pray Love, Ayam Betutu, Bebek Betutu, Resep Ayam Betutu, stay at home, working from home, WFH, Kuliner Bali, Wisata Kuliner, Pulau Bali
Bebek Betutu yang dimasak dengan cara dikukus. Bumbu dimasukkan ke perut ayam, dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus (tripadvisor.co.id)
Dengan majunya pariwisata, sebagaimana kuliner Nusantara lainnya, Betutu ini akhirnya menjadi hidangan yang dijual di warung pinggir jalan sampai hotel berbintang 5, juga di café yang ber AC. Ini bagus untuk para peternak ayam maupun petani yang membudi dayakan berbagai bumbu di Bali, yang belakangan disebut sebagai Island of Love gara-gara Julia Roberts membuat film EatPray Love yang juga dibintangi oleh Christine Hakim ini.
 
Julia Roberts, Bali, Eat Pray Love, Ayam Betutu, Bebek Betutu, Resep Ayam Betutu, stay at home, working from home, WFH, Kuliner Bali, Wisata Kuliner, Pulau Bali
Julia Roberts di film Eat Pray Love yang shooting di Bali (holidayinparadise.blogspot.com)
Tapi memang benar, kalau menikmati keindahan Bali rasanya belum pas kalau tidak menikmati Ayam Betutu atau Bebek Betutu dengan serius (yaa dong supaya tidak keselek).

Are you ready untuk mencoba resep legendaris dari pulau yang mendapat julukan The Last Paradise ini?
 
Julia Roberts, Bali, Eat Pray Love, Ayam Betutu, Bebek Betutu, Resep Ayam Betutu, stay at home, working from home, WFH, Kuliner Bali, Wisata Kuliner, Pulau Bali
Jika dikukus, ayam tetap utuh, bumbu dimasukkan ke dalam perut ayam dan dibungkus dengan daun pisang. Begini cara masak Ayam Betutu menurut pakem aslinya di Bali (resepkoki.id)
Masak yuuk. Untuk mendapatkan rasa yang mendekati aslinya, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan dan beberapa macam bumbu supaya puas saat menikmatinya.

Bahan-bahan yang penting banget disiapkan sebelum meracik bumbu Ayam Betutu adalah sebagai berikut:
             
a.    1 ekor ayam kampung potong sesuai selera. Jika tidak ketemu ayam dari kampung, ayam negri juga boleh.
b.     1 buah jeruk nipis

Bumbu halus :

a.     1 sendok makan ketumbar
b.     4 kemiri, disangrai
c.     1 ruas kunyit
d.      Cabe rawit merah sesuai selera
e.      1 sendok makan terasi matang
f.       Garam secukupnya dan sedikit gula pasir (sebagai pengganti MSG). Gula tidak wajib karena ini bukan gaya masak di Bali.

Siapkan pula bumbu rajang halus :

a.       10 bawang merah
b.       6 bawang putih
c.       3 batang serai
d.       10 cabe rawit merah
e.       4 jari kencur (aku suka kencur soalnya)
f.        3 ruas lengkuas
g.       3 ruas jahe
h.       Garam secukupnya

Setelah itu bahan-bahan dan bumbu tersebut diproses sebagai berikut:
             
1.     Ayam yang sudah dibersihkan, bakar sebentar saja. Pastikan jangan gosong ya.

2.     Minta tolong suami atau asisten rumah tangga untuk menumis bumbu halus sampai harum, kemudaian masukkan bumbu rajangan halus.
3.     Nah, setelah itu masukkan ayam dan aduk-aduk dengan santai aja.  Ingat tuang air matang sampai menutup ayam (Jangan menggunakan air keran ya supaya makanan kita sehat.
4.     Masaklah sampai matang lalu beri garam secukupnya. Boleh juga isi sedikit saja gula pasir, kurang dari setengah sendok teh.
5.    Jika rasa sudah pas sajikan dengan nasi panas.

Makan Ayam Betutu saat Stay at Home, bayangkan aja lagi Wisata Kuliner di Pasar Senggol Gianyar, Bali atau di Pantai Sanur bareng Bule yang ayu (balitribune.co.id)

Kalau memang tahu cara memasak Pelecing Kangkung, nah Ayam Betutu kreasi baru ini cocok banget dah. Kalau belum bisa bisa juga dengan daun selada, timun yang sudah dipotong-potong, juga lalapan lain. Harus berani bereksperimen, sampai akhirnya ketemu pasangan ideal atau jodoh yang pas untuk pendamping Ayam Betutu ini.

Jika resep istimewa ini sukses anda masak, nah bolehlah berfikir untuk menjual Ayam Betutu ini secara online. Why not? Setelah anda betah stay at home, barangkali mulai menekuni bisnis kuliner yang spesialis di bidang Ayam Betutu.



Comments

  1. Tq ...yummy tampak'e, apalagi ayam kampung n bumbu lengkap ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Followers

Online Visitors

Popular posts from this blog

Tips Tidur Nyenyak: Rahasia Kesehatan dari Dalam Tubuhmu

 Masa-masa selalu mendapatkan tidur nyenyak pada umumnya dinikmati dengan sempurna oleh bayi sehat, saat remaja dan ketika masih di SMA. Namun banyak pula orang yang lebih berusia tua ternyata juga menikmati tidur nyenyak dan merasa segar serta bahagia ketika bangun pagi.  Jika anda sering mengalami kurang tidur dan ingin tidur lebih nyenyak seperti masa kanak-kanak, yuk simak tips Tidur Nyenyak dan Rahasia Kesehatan dari Dalam Tubuhmu. T emukan rahasia tidur nyenyak dan terasa segar saat bangun pagi untuk aktivitas yang sehat dan bahagia sepanjang hari (Image: freepik.com)   Mendapatkan tidur yang nyenyak bukan hanya soal berapa lama kita berada di atas tempat tidur, tetapi juga berkaitan dengan keseimbangan asupan makanan, rutinitas olahraga, dan gaya hidup sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan malam tidurmu selalu berkualitas.   1. Pilihlah Makanan yang Mendukung Tidur a. Pisang: Pisang mengandung triptofan, zat yang diubah menjadi serotonin dan melatoni

Terungkap Rahasia Rasa Capcay Yang Enak

Misalnya, pada saat liburan ke Semarang selain mencari lunpia rebung yang paling enak, ada pecinta wisata Kuliner dari generasi old yang sengaja menyempatkan waktu untuk menikmati Capcay legendaris di kota itu.  Saya percaya anda pasti sudah rindu untuk wisata kuliner bersama keluarga atau para sahabat dan komunitas. Yuk obati rasa rindu yang memuncak itu sambil stay at home .  Capcay Goreng. Juga ada versi Capcay Kuah (begini.id) Di Medan atau Jakarta dan kota-kota lainnya di Nusantara juga banyak dijumpai restaurant keluarga terkenal, yang turun temurun terkenal dengan rasa Capcay yang lezat nggak ketulungan. Pada saat masuk Chinese Restaurant di kota-kota tersebut selain memesan menu seperti Burung Dara Goreng, Gurame Asam Manis atau Sup Asparagus, bisa dipastikan ada salah satu "peserta" akan memilih Capcay. Padahal ada menu Sayur  Kailan ( 芥蘭 , jièlán) yang tak kalah enaknya.  Capcay menjadi favorit karena dimasak dengan aneka sayuran. Secara tradisional Capcay yang len

The benefits of smiling and laughing for your health

Do you often see people frown or people who do not like to smile? There are even difficult people who laugh, smile even when they're your friends who are telling funny stories or jokes. Hopefully you are not among the group of people that anti smiling or laughing. There is a proverb that says "Laugh before laughing it prohibited". Is there a country that would prohibit their citizens to laugh? Many people say that laughter and smiling are very beneficial to humans both psychologically and physically. A study which was presented at the Experimental Biology annual conference mentions that when people laugh, their brains automatically 'switched on'. It is just like when they're doing meditation.   Smiling makes you sexier.   Image: way2photoshoot.blogspot.com You would agree that laughter is positive for mental health, will be an even happier life. To refresh your memory about the benefits of laughter, then you can see what the effect of laughter on